PPIAUD WILAYAH JATIM & BALI BERKOLABORASI DENGAN PIAUD IAI AL HIKMAH TUBAN GELAR WORKSHOP

12 Oktober 2022 0 By admin

Alat Permainan Edukatif merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai edukatif (pendidikan) dan dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak (Depdiknas, 2013). Berdasarkan pengertian tersebut Alat Permainan Edukatif atau biasa di singkat APE mempunyai tujuan untuk memperjelas materi, memberikan kesempatan anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen. Sementara itu, beberapa fungsi dari APE adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menumbuhkan rasa percaya diri anak, pembentukan perilau dan kemampuan dasar, dan memberikan kesempatan anak untuk bersosialisasi.

Workshop APE dilaksanakan satu hari full mulai pukul 09.00-16.00 pada tanggal 30 Januari 2022 bertempat di IAI Al Hikmah Tuban. Narasumber yang dihadirkan ada 2 adalah Ibu Mita Kustiana, S.Pd sebagai founder Busy Book dan Ibu Dra. Sutiyah Nova Irawati, M.Pd.I selaku anggota PPIAUD sekaligus akan menyampaikan materi tentang kreasi aneka loos part.

Workshop tersebut bertema “Optimalisasi Tumbuh Kembang dengan alat permainan edukatif modern”. Peserta yang hadir dari Prodi PIAUD seluruh Jawa Timur & Bali yang telah mendelegasikan 1 mahasiswa PIAUD dan perwakilan setiap IGRA, HIMPAUDI, IGTKI Se Kabupaten Tuban.

Workshop ini sebagai upaya yang dilakukan untuk memfasilitasi mahasiswa dan guru-guru PAUD menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam pengembangan APE di lembaga masing-masing.