PELATIHAN MANAJEMEN JURNAL PAUD

24 October 2023 0 By admin

Dosen PIAUD Institut Agama Islam (IAI) Al Hikmah Tuban Ibu Nurul Novitasari, M.Pd.I mengikuti kegiatan ‚ÄúPelatihan Manajemen Jurnal PAUD: Standart Nasional dan Internasional‚ÄĚ yang di adakan oleh Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia diselenggarakan di Universuty Hotel Yogyakarta pada tanggal 10-12 Oktober 2023.

Kegiatan dibuka oleh Ketua umum PPJ PAUD Indonesia Bapak Moh. Fauziddin, M.Pd. Pada sambutannya, bapak ketua berharap dengan adanya pelatihan ini, para pengelola jurnal semakin memahami kiat-kiat dalam penulisan jurnal nasional dan internasional yang baik dan dapat diterima di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta 1-6 dan Jurnal Internasional Bereputasi Scopus Q1-Q4. Menurutnya Artikel ilmiah yang terbit pada jurnal internasional diperuntukkan untuk menunjang internasionalisasi Perguruan Tinggi. Jika Semakin tinggi kualitas dan kuantitas jumlah publikasi, maka angka kredit dalam indikator penilaian pemeringkatan perguruan tinggi juga semakin meningkat.

Pelatihan manajemen jurnal PAUD yang berfokus pada standar nasional dan internasional biasanya dirancang untuk membantu para pengelola jurnal dan peneliti di bidang pendidikan anak usia dini (PAUD) dalam mengelola dan menerbitkan jurnal ilmiah mereka. Ini mencakup pemahaman tentang standar dan pedoman yang berlaku dalam proses pengelolaan jurnal, baik di tingkat nasional maupun internasional. Berikut adalah beberapa topik yang biasanya dibahas dalam pelatihan semacam ini:

  1. Pemahaman Standar Penulisan Ilmiah:
  2. Etika Penelitian:
  3. Sistem Pengelolaan Jurnal:
  4. Peer Review:
  5. Penerbitan dan Diseminasi:
  6. Standar Internasional:
  7. Perubahan dan Perkembangan Terkini:
  8. Praktik Terbaik:

Pelatihan semacam ini dapat diselenggarakan oleh PPJ (Perkumpulan Pengelola Jurnal) Indonesia antara PGPAUD dan PIAUD terkait dengan penerbitan ilmiah. Penting untuk selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam manajemen jurnal dan penerbitan ilmiah karena hal ini dapat berdampak pada kualitas dan dampak jurnal.